Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro menggelar pelatihan sistem informasi desa (SID) di Balai Kecamatan Sumberrejo, Senin (30/10/2019). Kegiatan ini diikuti operator website kecamatan Sumberrejo dan pengelola SID di 26 desa wilayah Kecamatan Sumberrejo.

(Image : pelatihan sistem informasi desa (SID) di Balai Kecamatan Sumberrejo)

Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya Kantor Desa  lebih efisien, Pemerintah Desa lebih transparan dan akuntabel, dan yang lebih penting Masyarakat bisa memperoleh akses lebih pada informasi Desa.

Disampaikan Dari TIM PPID Dinas Kominfo “Mas Dedek Panggilan Akrabnya” bahwa Pelatihan Layanan Administrasi Desa Berbasis SID merupakan tutorial, praktik secara langsung melalui aplikasi Sistem informasi Desa. Dengan Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi Desa pengguna aplikasi, baik dari sisi akurasi, maupun kecepatan pelayanan .

(Image : “Mas Dedek” dari TIM PPID Dinas Kominfo Kab. Bojonegoro dalam memberikan Pelatihan di Kecamatan Sumberrejo)

Pelatihan ini menghadirkan sejumlah nara sumber antara lain dari Dewan Teknologi dan Informasi (TIK) Bojonegoro,  Tim PPID Dari Kominfo Kab. Bojonegoro “Pelatihan ini untuk lebih menguatkan sistem keterbukaan informasi publik di Bojonegoro. Karena keterbukan yang dibangun tidak hanya diterapkan pada pemerintahan di tingkat kabupaten, tapi juga di tingkat pemerintahan desa.

(Image : Keseriusan Operator Website Desa dalam mengikuti pelatihan dan pendampingan dari Dinas Kominfo Kab. Bojonegoro.)

Oleh karena itu melalui SID ini nantinya data yang tersedia di masing-masing desa akan lebih akurat. Program-program penanggulangan kemiskinan akan sesuai dan tepat sasaran sehingga dapat mendorong terwujudnya percepatan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. “SID ini sangatlah di perlukan oleh tenaga ahli, pendamping desa, pendamping lokal desa dalam pelaksanaan program. dengan adanya pelatihan SID ini dapat menambah ilmu baru bagi para perangkat desa yang nantinya dapat di implementasikan langsung dalam kinerja di masing-masing desa.

(TPID Desa Prayungan)