PRAYUNGAN MENUJU JUARA DESA TRANSPARAN SE JAWA TIMUR

Prayungan-bjn.desa.id. Desa Prayungan kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro Jatim siap menuju juara Desa terinformatif se Jawa Timur.

Foto Doc. Dari Kiri : Soemarsono, MM (camat Sumberrejo), M arif¬† Choemaidi (BPD Prayungan), Drs. H. Imam Rofi’i (Kepala Desa Prayungan), Tanaya Juwita Rahayu, S.Si (Sekretaris Desa/Ketua PPID Desa Prayungan).

 

Keinginan tersebut bukan isapan jempol belaka terbukti upaya yang di lakukan oleh Kepala Desa Prayungan Drs. H. Imam Rofi’i dalam keterbukaan Informasi Publik sangat luar biasa.
Disampaikan oleh kades Prayungan pada saat paparan lomba Monev PPID yang di selenggarakan oleh KI Jatim pada 21/10/2020 ” bahwa keterbukaan yang di praktekan selama ini merujuk pada Visi desa Prayungan ” Merealisasikan pemerintahan yang transparan guna terwujudnya Desa prayungan berpessan ” yang kemudian di tuangkan kedalam visi PPID prayungan ” Layanan Informasi publik yang transparan dan akuntabel “

Banyak langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Prayungan dalam implemtasi Keterbukaan diantaranya adalah membuat regulasi sebagai payung hukum, mengalokasikan anggaran untuk pengadaan media dan kegiatan kegiatan.

Selaian itu pemdes Prayungan juga membuat inovasi sebagai terobosan dalam pengelolaan PPID diantaranya pengadaan layanan Informasi Digital dengan teknologi touchscreen yang berisikan seluruh kebijakan Pemerintah Desa mulai data pembngunan dan keuangan.

Hal tersebut guna memudahkan pemohon informasi untuk mendapatkan informasi.
Memang patut di acungi jempol kiat kiat yang dilakukan oleh penlmerintah Desa Prayungan dalam keterbukaan informasi selain pengadaan alat Digital Pemdes juga melengkapi Desk layanan informasi yang di lengkapi dengan formulir permohonan informasi Daftar Informasi publik yang tertata dengan menggunakan klasifikasi Indek.
Masih ada lagi inovasi yang di miliki oleh PPID Prayungan yaitu Aplikasi Online IBUK-E yang berisikan tentang data kependudukan yang sekaligus bisa dijadikan layanan surat online maupun offline, Itulah mengapa desa Prayungan siap menuju juara desa terinformatif tahun 2020 yang diadakan oleh Komisi informasi Jatim
“Saya sangat mengapresiasi upaya dan kebijakan Pemerintah Desa Prayungan, ini harusnya bisa dijadikan referensi bagi Desa yang lain, sehingga kedepan seluruh Desa di Kecamatan Sumberrejo bisa melakukan sebagaimana yang dilakukan pemerintah Desa Prayungan..”.

Ujar Soemarsono, MM camat Sumberrejo usai mendampingi Kades Prayungan paparan ke KI jatim yang masuk lima besar jatim, “

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Drs. Djoko Suharmanto yang selama ini melakukan pendampingan pada Pemdes Prayungan.

By (PPID Prayungan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PPID
Gulir ke Atas