https://prayungan-bjn.desa.id/ : Sensus penduduk telah resmi dimulai Sabtu (15/2/2020) lalu. Adapun metode yang telah dimulai adalah sensus online. Sementara, untuk sensus offline akan dilaksanakan pada Juli 2020 mendatang. Keduanya diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri. Pengisian dari sensus online dapat dilakukan melalui laman https://sensus.bps.go.id/ Sensus ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang telah atau akan tinggal selama minimal 1 tahun di Indonesia.

Daftar pertanyaan Mengutip laman BPS, pencacahan lengkap dilakukan dengan memberikan 21 pertanyaan yang terbagi dalam empat kategori.
Berikut adalah data-data yang dikumpulkan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut:
Variabel Individu
1. Nama lengkap
2. NIK
3. Alamat
4. Lama tinggal pada alamat saat ini
5. Jenis kelamin
6. Tempat dan tanggal lahir
7. Kewarganegaraan
8. Suku bangsa
9. Agama
10. Bahasa yang digunakan
11. Status hubungan dengan Kepala Keluarga
12. Status perkawinan Pekerjaan
13. Aktivitas yang biasa dilakukan
14. Pekerjaan
15. Status pekerjaan Pendidikan
16. Ijazah/pendidikan tertinggi Perumahan
17. Status kepemilikan rumah yang ditempati saat ini
18. Listrik
19. Sumber air minum
20. Kepemilikan jamban
21. Jenis lantai terluas
Nurma membenarkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan data yang akan dikumpulkan pada tahapan pencacahan lengkap sensus penduduk tahun 2020 ini.

Tahapan pelaksanaan sensus penduduk 2020

Untuk pelaksanaan dari sensus penduduk sendiri terdiri atas tahapan-tahapan berikut: Sensus Penduduk Online Penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui https://sensus.bps.go.id/ dan juga dilakukan evaluasi berkala dari sensus penduduk online tersebut. Periode pelaksanaan tahap ini adalah pada Februari hingga Maret 2020. Sensus Penduduk Wawancara (offline) Tahapan ini dilakukan pada bulan Juli 2020. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan (ground check), dan pencacahan lengkap (CAPI dan PAPI). Pencacahan sampel Pada bulan Juli 2021 mendatang, direncanakan pencacahan sampel, yaitu pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya. (TPID Desa Prayungan, Red.)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sensus Penduduk Online 2020, Ini Metode dan Daftar Pertanyaannya”,
Penulis : Vina Fadhrotul Mukaromah
Editor : Virdita Rizki Ratriani

Baru Saja

Apa yang Terbaru

Sosialisasi ...

https://prayungan-bjn.d...

Peringatan H...

Sensus Pendu...

Pemerintah D...

Dinas Kearsi...